Tips Memilih Sepatu gunung yang Benar

 Sensasi menantang gunung-gunung tinggi di Indonesia jadi satu hal yang begitu meningkatkan andrenalin. Keindahan alam yang di tawarkan diatas gunung bikin beberapa orang yang memandangnya tak pernah jemu hingga mereka akan senantiasa datang lagi dan lagi. Tetapi, agar bisa rasakan sensasi itu, beberapa pendaki sebaiknya pandai pilih sepatu gunung terkecuali menyiapkan fisik dan mental yang kuat. Ya, perlengkapan mendaki gunung jadi satu diantara hal utama mengingat apa yang dihadapi dalam pendakian yaitu alam yang liar. baca juga : jual sepatu safety di solo

 

Satu diantara perlengkapan mendaki yang utama yaitu sepatu gunung. Medannya yang berat dan penuh halangan menuntut pendaki mesti mempunyai sepatu yang kuat di tengah-tengah medan yang susah diprediksikan. Banyak hal utama yang memanglah mesti di perhatikan dalam pilih sepatu gunung untuk mendaki ini yaitu sol sepatu, type sepatu dan lain sebagainya. Sepatu gunung yang mempunyai kwalitas paling baik akan membuat perlindungan kaki supaya tak berlangsung cidera yang kronis saat lakukan pendakian. Oleh karena itu, kesempatan ini akan dibicarakan berkaitan beberapa hal apa yang perlu di perhatikan sebelumnya beli sepatu gunung.

 

1. Cocokkan Type Sepatu Gunung Dengan Keperluan dan Medan pendakian

 

Saat pilih sepatu untuk mendaki, hal yang pertama mesti diperhitungkan yaitu untuk apa sepatu itu akan dipakai. Sebab terdapat banyak type sepatu gunung yang beredar banyak, yaitu sepatu dengan leher panjang, leher tengah dan leher pendek. Dan semuanya type sepatu itu mempunyai manfaat yang tidak sama. Untuk Anda yang menginginkan mendaki gunung dengan medan yang tidaklah terlalu berat atau barangkali hanya untuk sebatas kesibukan outdoor, maka sepatu gunung dengan leher pendek adalah pilihan yang pas. Tetapi, untuk medan yang berat begitu tak disarankan untuk menggunakan sepatu gunung ini. Sebab, lehernya yang pendek membuatnya tak dapat membuat perlindungan mata kaki Anda dengan baik hingga mengakibatkan lecet dan cidera.

 

2. Cermati Dengan Baik Bahan Sepatu

 

Dalam pilih sepatu gunung, hal selanjutnyayang mesti di perhatikan yaitu bahan. Bahan yang dipakai sebaiknya nyaman untuk perjalanan jauh dengan medan yang terjal. Butuh di ketahui kalau bahan sepatu yang terbaik untuk mendaki datang dari kulit sintesis. Hal semacam ini karena bahan itu memberi aliran hawa yang baik untuk kaki. Lalu, jauhi sepatu gunung yang memakai bahan karet maupun kanvas karena sifatnya yang gampang robek. Sepatu gunung yang baik harus juga mempunyai karakter anti air atau waterproof hingga walau medan dalam kondisi tak baik, sepatu bisa selalu nyaman untuk dipakai.

 

3. Pertimbangkan Kemampuan Sol Sepatu

 

Sol sepatu jadi pertimbangan yang utama dalam pilih sepatu gunung mengingat medan pendakian tak sangat mungkin untuk ditempuh dengan sol sepatu umum. Baiknya saat pilih sepatu gunung, pastikan sol yang mempunyai punggung tinggi. Sol yang sedemikian akan membuatnya gampang menancap pada permukaan tanah hingga semakin lebih mempermudah sistem pendakian. Lalu, pilih jahitan yang kuat dan bentuk yang ikuti kaki bisa memberi rasa yang nyaman saat perjalanan. Hal semacam ini begitu utama karena banyak kecelakaan berlangsung di atas gunung satu diantara pemicunya adalah kurang diperhatikannya sol sepatu. Jika anda menggunakan sepatu lama yang solnya telah agak aus atau ada banyak patahan, tambah baik untuk selekasnya menggantinya dengan yang baru.

 

4. Ukuran Sepatu Gunung Janganlah Sangat Cocok di Kaki

 

Saat pilih sepatu paling baik, alangkah sebaiknya jika memakai ukuran yang lebih longgar dari pada umumnya. Hal semacam ini begitu disarankan supaya pendaki tak terasa sakit atau lecet saat menggunakannya. Terkecuali ukuran yang lebih longgar, pemakaian kaos kaki akan bikin kaki jadi tambah nyaman dan tak gampang lecet. Kadang-kadang jika anda mendaki gunung yang cukup dingin diperlukan 2 kaos kaki untuk melindungi kaki supaya tetaplah hangat.

 

Sekian penjelasan berkaitan beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pilih sepatu gunung yang baik dan benar. Mudah-mudahan berguna untuk Anda yang tengah merencanakan lakukan pendakian. Janganlah lupa untuk sesuaikan type dan merk sepatu dengan dana yang telah anda sediakan. baca juga : sepatu safety

Write a comment

Comments: 0