Memahami Safety Officer

Image result for safety tips di lokasi kerja

Ergonomi sangat terkait dengan keselamatan (K3) dan salah satu profesi di bagian keselamatan yaitu safety officer. Tugas safety officer mencakup rencana, pengorganisasian dan pelaksanaan program keselamatan sesuai dengan beberapa standard yang sudah diputuskan. Safety officer bertanggungjawab untuk mencegah bahaya, kecelakaan dan bahaya keselamatan dalam suatu ruang kerja tertentu, seperti di pabrik, tambang, rumah sakit atau lingkungan yang lain (terlebih di industri seperti manufaktur, tambang, konstruksi, minyak & gas dll). 

 

Kriteria pendidikan/pengalaman untuk safety officer : 

Seseorang kandidat safety officer harus memiliki gelar sarjana di bagian tehnik industri atau bagian berkaitan. Safety officer harus juga memiliki pengalaman dalam kesehatan lingkungan, mencegah kebakaran, kebersihan atau higiene industri, keselamatan kerja atau bagian berkaitan. 

 

Ketrampilan yang diperlukan untuk safety officer : 

ketrampilan menulis tehnis, ketrampilan komunikasi yang efisien, ketrampilan kepemimpinan, ketrampilan organisasi dan pengetahuan kebijakan keselamatan, investigasi kecelakaan, keselamatan kerja dan praktiknya, dan hukum atau standard keselamatan kerja negara dan ketentuan yang menyertainya. Safety officer harus juga sangat detil oriented. 

 

Elemen pekerjaan seseorang safety officer : 

Menafsirkan dan mengevaluasi kepatuhan pada standard atau kode keamanan, meningkatkan, mereferensikan dan melakukan kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja ; menyediakan alat pelindung diri bagi pekerja dan rutin menggantinya apabila ada kerusakan seperti kerusakan sepatu safety, helm safety dll ; meninjau semua sistem yang ada seperti sistem atau aliran produksi baru atau konstruksi baru atau yang telah ada untuk meyakinkan kepatuhan dengan kode atau standard keselamatan ; bekerjasama dengan insinyur atau arsitek atau tim yang lain untuk mengulas aksi mencegah untuk keselamatan ; pemantauan program inspeksi keselamatan ; pengawasan keselamatan dan kesehatan kerja ; meyakinkan registrasi dan lisensi yang berkitan dengan keselamatan termaintain, dan meningkatkan program pendidikan kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja.

Write a comment

Comments: 0