Tips Meminimalisir Potensi Bahaya Bekerja di Ketinggian

Image result for Tips Meminimalisir Potensi Bahaya Bekerja di Ketinggian

 

Seluruh potensi bahaya yang bisa menyebabkan pekerja terjatuh dari ketinggian harus dilakukan pengendalian, salah satunya ialah dengan melakukan eliminasi kontrol. Pengendalian bahaya pada pekerjaan diatas ketinggian tambah baik direncanakan mulai sejak step pertama rencana konstruksi, hal semacam ini bertujuan untuk memastikan design bangunan, koordinasi dan rencana. Mengeliminasi potensi terjatuh saat bekerja diatas ketinggian dapat dikerjakan lewat cara, yakni :

 

Bikin design yang lebih aman. 

Menyingkirkan bahaya terjatuh dari ketinggian lewat cara bikin design yang lebih aman yakni dikerjakan lewat cara bikin design yang semuanya segi keselamatannya telah diperhitungkan, seumpama meletakkan perlengkapan dan peralatan yang membutuhkan perawatan dengan cara berkala di posisi yang tidaklah terlalu tinggi atau rendah hingga saat lakukan perawatan tidak butuh naik, bikin akses jalan atau walkway yang diperlengkapi pegangan tangan atau handrail, dan bikin dinding pembatas. 

Masihlah demikian banyak bentuk eliminasi bahaya jatuh dengan bikin design yang lebih aman, dasarnya maksud dari cara ini yakni untuk mencari alternatif agar pekerjaan tak harus dikerjakan di ketinggian, umpamanya meletakkan blower Air Conditioner (AC) ditempat yang rendah, hingga saat lakukan perbaikan tidak butuh naik. 

 

Memakai Alat Bantu 

Pengendalian bahaya terjatuh dengan cara eliminasi setelah itu yakni penggunaan alat bantu. Dengan menggunakan alat bantu yang sesuai sama jadi pekerjaan yang semestinya ditangani diatas dapat ditangani dibawah. Umpamanya penggunaan tongkat galah saat mengecat dinding yang tinggi, penggunaan ekstensi pada pekerjaan pembersihan jendela. Penggunaan alat bantu itu dapat menyingkirkan kewajiban dalam lakukan pekerjaan diatas atau di ketinggian. Penggunaan sepatu safety untuk pelindung kaki pekerja dari resiko tertimpa atau terpleset.

 

Cara alternatif 

Beberapa contoh cara alternatif manfaat hindari pekerjaan di ketinggian adalah : 

  • Lakukan pengecatan terlebih dulu sebelumnya genting dipasang, hal seperti ini dapat menyingkirkan pekerjaan pengecatan yang ditangani diatas.
  • Lakukan perbaikan pada blower Air Conditioner (AC) di lantai.
  • Lakukan perakitan bangunan dibawah serta kemudian didirikan. 

Tersebut beberapa bentuk eliminasi bahaya pada pekerjaan yang semestinya ditangani diatas ketinggian. Hal yang harus dipahami yakni jangan sampai memaksakan untuk lakukan pengendalian secara eliminasi, sebab tak semua bahaya dapat di hilangkan, jika hal semacam ini berlangsung jadi terapkanlah pengendalian dengan cara mengaplikasikan urutan pengendalian yang selanjutnya yakni isolasi.

Write a comment

Comments: 11