Tips Safety Pekerja Sandblasting

Hasil gambar untuk sandblastingSandblasting merupakan metode surface preparation (persiapan permukaan) paling efisien untuk bersihkan karat pada kendaraan, konstruksi baja pada gedung, dan lain sebagainya. Sistem sandblasting itu dapat jadi sangat beresiko bila kita tidak memakai peralatan safety yang tepat. Sebagai contoh pasir silika (silica sand) yang digunakan sebagai abrassive material pada sistem sandblasting menyebabkan debu. Dan tidak cuma partikel debu yang terlihat yang kita cemaskan.kuatirkan namun malah partikel debu yg tidak terlihat mungkin saja sangat beresiko untuk kesehatan kita. Bekerja dilingkungan dengan hawa yang berdebu beresiko untuk system pernapasan kita Oleh karenanya kita perlu memakai helmet khusus untuk sandblasting membuat perlindungan kita.

 

Ketika penentuan helmet sandblasting baiknya pilihlah yang memiliki saluran dan dapat menyalurkan hawa bersih dalam helm dengan lancar, cocok dan nyaman digunakan. Selain aman ada beberapa ada banyak hal lain yang harus juga kamu perhatikan seperti : 

  • Jangan sampai memakai helmet sandblasting bila ada bagian-bagian helmet yang hilang (tidak komplit), walau masihlah terlihat layak untuk dipakai.
  • Pastikan helmet sandblasting yang digunakan cocok di kepala kamu dan tidak longgar. Bila longgar dapat mengakibatkan partikel debu masuk melalui sela-sela helm yang kamu gunakan.
  • Pastikan suplai hawa yang masuk kedalam helmet lancar dan tidak terhalang.
  • Pakai filter breathing air filter (filter hawa) yang bagus.
  • Bila kamu kerjakan sandblasting untuk perusahaan, crew kamu harus selalu meyakinkan tingkat debu (dust level) tidaklah terlalu tinggi. 

Perlu diingat ketika bersihkan debu (cleaning) setelah sistem sandblasting, helmet harus tetaplah digunakan karena partikel debu tetap masih ada dan melekat pada baju yang kamu gunakan. Untuk banyak hal membasahi ruang setelah sistem sandblasting dapat menghindar kita dari bahaya partikel debu. 

 

Selain helmet, headphone dan sepatu safety jadi peralatan yang perlu digunakan membuat perlindungan kita dari nada bising sistem sandblasting dan respirator dipakai pada sistem pembersihan (cleaning) atau ketika kita memindahkan barang yang disandblasting. 

Bila kamu melakukan pekerjaan sandblasting berharap di perhatikan peralatan safetyb yang digunakan agar kesehatan kita terproteksi dengan baik. 

 

Tidak peduli bagaimanapun keadaan pekerjaan sandblasting kamu harus meyakinkan hal itu aman untuk kamu dan seputar kamu. Selalu pakai peralatan safety yang tepat karenanya adalah hal yang penting dan harus jadi perhatian beberapa pekerja di bagian sandblasting.

Write a comment

Comments: 0